6 Fakta Kesehatan Gigi

gigiBerikut adalah 6 fakta tentang kesehatan gigi yang mungkin perlu diketahui,

1. Kesehatan gigi ibu hamil terhadap bayi dalam kandungan
Tahukah Anda bahwa makanan yang dimakan oleh ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan gigi bayi dalam kandungan. Tidak hanya berakibat pada buruknya kesehatan gigi sang ibu, tetapi nutrisi yang buruk selama kehamilan menyebabkan anak rentan terhadap caries. Defisiensi kalsium, vitamin D, vitamin A, protein serta kalori pada kehamilan 14 minggu – 4 bulan dapat menyebabkan defek oral. Studi yang lain menyebutkan kekurangan vitamin B6 atau B12 merupakan faktor resiko terjadinya bibir sumbing.

2. Jumlah Gula vs Lama Kontak
Yang perlu diperhatikan bukanlah jumlah gula yang dikonsumsi, tetapi lama kontak gula dengan gigi. Minuman bersoda dan minuman manis ataupun permen akan menghasilkan bakteri mulut pembentuk asam, akan buruk akibatnya jika gigi menghasilkan kontak yang lebih lama dengan bakteri ini, itulah perlunya menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur.

3. Caries pada gigi susu
Caries pada gigi susu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi permanen yang tumbuh di bawahnya. Jika gigi susu tanggal secara prematur, maka gigi permanen akan tumbuh miring dan perlu perawatan ortodontik

4. Osteoporosis pada geraham
Osteoporosis juga dapat terjadi pada geraham. Jika hal ini terjadi, maka gigi akan tanggal dengan mudah. Tulang rahang, gusi, bibir, palatum molle dan durum secara konstan saling menunjang, karena itu perawatan yang berkualitas perlu dilakukan untuk menjaga bentuk optimal mulut.

5. Gigi palsu dan jenis makanan
Pengguna gigi palsu harus memastikan gigi palsunya cocok dan terpasang dengan baik. Gigi palsu yang tidak terpasang dengan tidak benar/tidak cocok akan menyulitkan anda dalam mengkonsumsi makanan. Jika mengalami masalah dalam mengunyah, maka dapat diganti dengan mengkonsumsi sayur dimasak, buah kalengan atau daging giling.

6. Caries gigi, diabetes dan lansia
Orang tua cenderung sering menderita penyakit kronik seperti diabetes, yang merupakan resiko penyakit periodontal. Pasien dengan diabetes tipe 2 mempunyai resiko 2x  lebih besar menderita penyakit periodontal dibanding non-diabet. Obat-obatan seperti antidepresan, diuretik dan antihistamin dapat menyebabkan resiko caries akibat menurunnya produksi saliva. Penurunan produksi saliva menyebabkan pembersihan gigi lebih lambat, sehingga meningkatkan kemungkinan gangguan pada mulut.

Sumber : dokteriko.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s