Cokelat Bakal Jadi Obat

Cokelat Bakal Jadi Obat

Tak hanya enak dimakan, cokelat juga bisa jadi obat. Terutama untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan jantung dan daya tahan tubuh.

Seperti dikutip dari situs indiavision, para peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat berupaya untuk mengembangkan obat yang berasal dari tanaman cokelat.

Para peneliti tersebut menganalisa gen dari pohon Theobroma cacao atau pohon cokelat. Sudah dua tahun terakhir para peneliti berusaha memecahkan kode genetik pohon cokelat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan manusia.

Prof Howard-Yara Shapiro selaku pimpinan tim peneliti mengatakan kalau saat ini mereka sedang mempelajari gen dari 34.997 pohon cokelat. Tujuannya untuk mencoba meningkatkan senyawa flavonol pada biji cokelat yang dihasilkan.

Flavonol termasuk kelompok flavonoid alami yang dipercaya memiliki khasiat bagi sistem kardiovaskular. Flavonol juga berpengaruh pada kelancaran aliran darah dan kestabilan tekanan darah.

Shapiro yakin kalau penelitiannya akan membuahkan hasil menakjubkan dalam lima tahun mendatang. Sebab flavonol merupakan senyawa yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

“Dalam sepuluh tahun mendatang, manusia akan menyadari khasiat dari flavonol. Karenanya kami berusaha untuk meningkatkan kandungan flavonol pada cokelat,” imbuh Shapiro yang berhasil membujuk perusahaan Mars Incorporated untuk mendanai proyek tersebut senilai 10 juta Us dollar.

Sumber : Tribun News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s